skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Bunda Wajib Tau Tentang Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis A Pada Bayi Berikut!

Bunda Wajib Tau Tentang Ciri-Ciri Penyakit Hepatitis A Pada Bayi Berikut!

Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan cara disebarkan oleh kotoran atau tinja yang melalui makanan (fecal-oral) bukan melalui interaksi aktivitas atau melalui darah.

Virus Hepatitis A jenis virus yang sangat mudah menyerang anak-anak. Penyebaran yang paling sering pada anak-anak melalui makanan dan minuman yang tercemar virus hepatitis A.

Penyakit Hepatitis A termasuk dalam penyakit akut yang tidak mengalami berkelanjutan pada penderitanya.

Infeksi biasanya ditularkan dari ibu selama proses persalinan berlangsung. Hepatitis biasanya tidak ditularkan selama bayi berada dalam kandungan karena virusnya tidak mudah melewati plasenta (ari-ari).

Pada umumnya imunitas anak dapat melawan virus hepatitis A akan tetapi apabila pertahanan tubuh lemah dan virus yang menyerang lebih kuat maka dikhawatirkan akan menyebabkan hepatitis yang fulminant (penyakit hepatitis yang sangat berat).

Penyakit hepatitis pada anak bayi biasanya terjadi pada usia sekitar 2 bulan setelah dilahirkan. Banyak ahli menyimpulkan bahwa sekitar 80% bayi yang menderita hepatitis disebabkan oleh adanya infeksi virus ketika proses persalinan ataupun setelah melahirkan.

Pencegahan paling umum yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan imunisasi hepatitis. Penyakit hepatitis pada anak tentu saja dapat berakibat buruk dan fatal karena organ pada anak, terlebih bayi, masih rentan terhadap serangan penyakit.

Dampak Penyakit Hepatitis Pada Bayi

Beberapa dampak serius yang bisa ditimbulkan dari serangan penyakit ini dapat berupa adanya gangguan otak yang menyebabkan kemunduran mental, terjadinya kerusakan permanen pada hati, dan juga bisa sampai menimbulkan terjadinya sirosis hati.

Atau rusaknya sel-sel hati karena adanya jaringan parut. Meski begitu, data menunjukkan bahwa sekitar 80% bayi yang menderita hepatitis akan sembuh secara total dan hanya 20% saja yang akan berlanjut menjadi hepatitis kronis, bahkan sirosis.

Orang tua diharapkan agar sebisa mungkin dapat mendeteksi keberadaan penyakit hepatitis pada anak mereka sedini mungkin.

Ciri-ciri Penyakit Hepatitis Pada Bayi

Perhatikan bahwa anak-anak yang menderita hepatitis biasanya memiliki warna kulit tubuh yang kuning sebagai akibat banyaknya bilirubin di dalam tubuh, urin berwarna gelap, dan fesesnya juga tampak pucat.

Ciri berikutnya, kondisi tubuh anak cenderung terus melemah dan berat badannya mengalami penurunan drastis karena kurangnya nafsu makan secara signifikan. Secara otomatis, nutrisi dan energi yang dikeluarkan dari dalam tubuhnya juga menjadi tidak optimal.

Jika Anda merasa bahwa ciri-ciri tersebut terjadi pada anak-anak Anda, bergegaslah membawanya ke dokter agar penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

Pengobatan Penyakit Hepatitis Pada Bayi

Pengobatan yang umum dilakukan ialah dengan memberikan obat-obatan simtomatik atau obat-obatan yang berfungsi dalam menghilangkan gejala penyakit.

Tidak ada obat yang secara spesifik atau khusus untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis ini.

Kemudian, langkah berikutnya yang perlu dilakukan ialah meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan mengharuskannya banyak istirahat dan memberikannya asupan nutrisi yang cukup dengan kualitas gizi terpenuhi.

Tentu saja bijak jika langkah ini sudah dilakukan sejak awal sebagai pencegahan terhadap serangan penyakit ini.

Suntikan immunoglobin ketika bayi baru lahir juga dapat membantu memberikan anak Anda kekebalan dari penyakit ini.

Imunisasi dapat dilanjutkan ketika anak sudah berusia 2 tahun dengan diberikannya vaksinasi hepatitis, dimana itu diulangi lagi setiap enam bulan sekali. Perlu diketahui, bahwa anak-anak yang diberi vaksinasi hanya satu kali, lebih rentan terhadap hepatitis.

Pemberian vaksinasi tersebut tentu saja harus mempertimbangkan saran dokter, yang memiliki pengetahuan terkait kondisi bayi atau anak Anda.

Dan berikut merupakan tips-tips umum yang dapat dilakukan supaya anak Anda terhindar dari serangan virus hepatitis:

– Memberikannya makanan yang sehat dan terjamin kualitas gizinya.

– Memberikannya imunisasi secara rutin berdasarkan petunjuk yang diberikan pihak medis.

– Berhati-hatilah ketika memberinya konsumsi obat-obatan.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.