skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Mencegah Penyakit Hepatitis Anak!

Cara Mencegah Penyakit Hepatitis Anak!

Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan cara disebarkan oleh kotoran atau tinja yang melalui makanan (fecal-oral) bukan melalui interaksi aktivitas atau melalui darah.

Virus Hepatitis A jenis virus yang sangat mudah menyerang anak-anak. Penyebaran yang paling sering pada anak-anak melalui makanan dan minuman yang tercemar virus hepatitis A.

Hepatitis yang terjadi pada anak juga dapat diakibatkan oleh penurunan gen orang tua yang memiliki risiko hepatitis atau penderita hepatitis.

Hepatitis pada anak dapat juga disebabkan oleh kelainan sewaktu masa kehamilan, oleh ibu yang menderita hepatitis atau kelainan tertentu yang berdampak pada janin atau bayi.

Untuk mencegah penyakit hepatitis ini, anak akan diberikan vaksin anti hepatitis yang diadakan setiap 3-6 bulan sekali.

Gejala Hepatitis A pada anak

Hepatitis A bukan merupakan penyakit yang berbahaya apabila imunitas di dalam tubuh anak dapat melawan virus yang menyerang akan tetapi apabila anak mengalami penurunan imunitas maka akan membahayakan kondisi anak.

Gejala yang dialami oleh anak yang menderita hepatitis A adalah demam disertai dengan badan anak menjadi lemas, mengalami pusing bahkan hingga mual dan muntah.

Virus hepatitis A disebarkan melalui makanan dan minuman yang terinfeksi virus sehingga menyebabkan anak mengalami sakit perut sebelah kanan atas bahkan hingga warna urine seperti air teh.

Anak akan mengalami kondisi tidak nyaman yang mengakibatkan kurang nafsu makan. Kondisi gejala yang umum pada anak adalah ketika kulit anak berwarna kuning.

Gejala yang dialami oleh anak yang menderita hepatitis A bukan merupakan gejala penyakit melainkan respon imunitas tubuh anak yang bekerja dengan baik ketika melawan virus yang berada pada sel hati.

Sedangkan pada anak yang berusia dibawah 5 tahun kondisi ini agak samar terlihat dikarenakan imunitas tubuh belum begitu sempurna sehingga gejala tidak begitu mencolok.

Penyebab Hepatitis A pada anak

Penyebab hepatitis A adalah virus hepatitis A (VHA). Virus ini ditularkan melalui makanan dan juga minuman yang tercemar Virus Hepatitis A.

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi pencegah dan penyebaran virus hepatitis A.

Kebanyakan yang terserang virus hepatitis A adalah anak-anak apalagi bila anak yang sering makan dan minum sembarangan.

Makanan dan minuman yang terinfeksi virus hepatitis A adalah sumber utama penyebaran hepatitis A. Infeksi akan berlangsung selamam 2-6 minggu setelah terpapar virus hepatitis A.

Selain makanan dan minuman yang tercemar virus hepatitis A, tidak kalah penting harus diperhatikan yaitu lingkungan sekitar yang berhubungan dengan sanitasi.

Virus hepatitis A termasuk dalam genus hepatovirus dimana penyebarannya dapat melalui tinja penderita. Buruknya lingkungan yang berhubungan dengan sanitasi yang akan mendorong penyebaran virus.

Pencegahan hepatitis A pada anak

Meskipun hepatitis A jarang menyebabkan terjadinya kerusakan yang permanen pada hati penderita akan tetapi untuk mempercepat penyembuhan sebaiknya dilakukan pemeriksaan untuk memperkuat sistem imun anak.

Berikut ini adalah beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan pada anak untuk menghindari infeksi virus hepatitis A:

  1. Menjaga sanitasi lingkungan

Penyebaran virus hepatitis A dapat melalui tinja penderita apabila terkendala pada sanitasi di lingkungan anak yang menderita hepatitis A maka akan menyebabkan penyebaran yang lebih luas pada anak lainnya.

  1. Membiasakan anak membawa bekal

Membawa bekal makanan dan minuman sendiri akan mengurangi terjadi infeksi yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang terdapat virus hepatitis A. Usahakan anak tidak jajan sembarang karena penyebab utama penyebaran virus hepatitis A adalah makanan dan minuman yang terinfeksi virus.

Pengobatan hepatitis A pada anak

Pencegahan hepatitis A dilakukan dengan menjaga kebersihan dari dalam diri anak dan juga memperhatikan kebersihan dan sanitasi lingkungan. Sedangkan pada anak yang menderita hepatitis A dapat diberikan pengobatan.

  1. Pengolahan makanan

Mengolah makanan yang baik dan benar serta menjaga kebersihan dalam proses memasak merupakan cara terbaik menjaga kebersihan termasuk dalam menjaga kesehatan anak dari infeksi virus hepatitis A.

  1. Memberikan Vaksinasi Hepatitis A

Anak anda yang berusia 2 tahhun diberikan vaksin hepatitis A. Diulang 6 bulan sampai 12 bulan dari pemberian vaksin pertama. Hal ini untuk membuat pertahanan tubuh sehingga diberikan dua kali pada anak.

  1. Membiasakan mencuci tangan

Kebiasaan mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sangat mudah akan tetapi seringkali terabaikan. Benda yang disentuh oleh anak berpotensi menyebarkan virus dan bakteri sehingga penting untuk mencuci tangan dalam mengurangi penyebaran virus dan bakteri.

Usahakan juga tidak menggunakan sikat gigi, handuk dan gunting kuku bersamaan. Peralatan kebersihan tersebut harus dimiliki masing-masing untuk menjaga kesehatan dan kebersihan sebagai perlindungan diri.

Pengobatan pada anak yang menderita hepatitis A

Dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease) tanpa mempengaruhi sel-sel hati. Meskipun demikian bagi perkembangan yang kronis, yaitu terjadinya komplikasi yang ditandai penyakit kuning berulang sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyembuhannya.

Anda dapat membawa anak ke dokter apabila bola mata anak menguning atau air seni menjadi berwarna gelap.

Dengan pemberian obat simtomatik yaitu obat yang akan menghilangkan gejala penyakitnya. Sehingga tingkat daya tahan tubuh anak ikut terbantu untuk melawan virus hepatitis A.

Pada penyakit yang cukup berat maka dilakukan obeservasi, hal ini untuk melakukan pencegahan sehingga ketika anak sudah sembuh maka tidak kambuh kembali dalam waktu yang lebih lama.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.